Kamis, 19 Februari 2015

1 Batu cincin Permata Ruby

faqhienesaga.com-Batu permata ruby adalah nama lain dari batu merah delima, karena warnanya memang serupa dengan biji buah delima. Sebenarnya batu ruby memiliki variasi warna antara muda dan tua, seperti warna merah muda sampai merah darah (tua).Batu ruby masuk dalam kelompok mineral korundum atau mineral dengan sifat warna jernih (kristal aluminium oksida). Sedangkan warna yang keluar di permata ruby disebabkan kromium atau jenis logam yang tahadap korosi sehingga batu ruby bisa dikatakan jenis batu mulia dengan tingkat kekerasan tinggi 9.0 pada skala mohs atau berada satu tingkat dibawah Berlian.
Biasanya warna pada sebuah permata seingkali digunakan untuk mengindetifikasi sebuah permata sendiri, walaupun tidak selamanya benar karena ada banyak jenis permata dengan berbagai macam warna, seperti batu safir yang bisa memiliki lebih dari satu warna, mulai kuning, sampai biru yang biasa disebut dengan Blue Shapire jenis yang terakhir ini termasuk dalam kategori safir dengan kualitas terbaik.
permata ruby Batu_Star_Ruby -M0019I8382110
Batu Ruby
Sedangkan warna ruby sendiri hanya terdapat satu warna, perbedaannya hanya terletak warna muda dan warna lebih tua. Sedangkan warna dengan tingkat kejernihan tinggi umumnya dijadikan penentu kualitas batu, misalnya ruby dengan warna paling berkilau dan jernaih masuk dalam kategori kualitas terbaik.
Apa Perbedaan Batu Ruby Dan Batu Merah Delima? Kedua nama itu sebenarnya engaju pada 1 jenis batu yaitu ruby, memang sebagian orang memiliki persepsi berbeda, ada yang meyebut bahwa batu akik merah delima termasuk jenis batu mulia yang berasal dari alam ghaib sedangkan ruby sama halnya dengan batu permata pada umumnya yang diperoleh dari hasil penambangan.
Terkait penamaan batu permata, baik ruby atau jenis batu mulia lainnya, pada umumnya mengacu pada karakter dan corak batu, misalnya batu akik junjung derajat karena batu itu memiliki pamor dan corak yang mirip susunan anak panah yang mengarah ke atas, akhirnya sering disebut batu junjung derajat, bagitu juga dengan batu cempaka madu, warna kuning kemerahan yang menyerupai madu, maka batu jenis itu sering disebut batu cempaka madu dan lain sebagainya
Ciri Batu Ruby Berkualitas Baik
Untu mengetahui batu ruby berkualitas sebagian kolektor terutama yang bepengalaman bisa dilihat dari warnanya dan tingkat kejernihan. Warna pigeon-blood atau merah darah merpati dianggap sebagai batu ruby dengan kualitas terbaik.
Baca: Cara Mengetahui Kualitas Batu Permata Ruby
Pigeon Blood Ruby adalah baru ruby dengan warna merah cerah, jernih dan berkilau indah. Istilah tersebut sering digunakan untuk menggambarkan batu ruby berkualitas. Namun pemakaian istilah itu bisa saja keliru karena untuk mengetahui secara pasti sebuah batu permata diperlukan serangkaian tes yang biasanya dilakukan di laboratorium, terlebih untuk jenis permata berharga tinggi

1 komentar:

agus doank mengatakan...

batu.y dahsyat bgt, mau dnk.. hehe :)

 

Faqhie Nesaga Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates